Kondisi Mata Selalu Belekan, Normalkah?


Apabila kondisi mata yang selalu memiliki kotoran alias belekan memang kerap mengganggu. Berhati-hatilah, kondisi seperti ini juga bisa menimbulkan efek berbahaya jika diatasi dengan cara yang tak tepat, lho.

mata

Menurut Ketua Yayasan AINI, Prof Dr dr Nila F. Moeloek, SpM (K), mata dengan belekan atau kotoran berwarna kuning adalah tidak normal. Mata yang normal akan tampak bersih dan selalu dilapisi oleh air mata yang berasal dari kelenjar air mata. Kelenjar air mata sendiri berada di sebelah atas luar bola mata.

“Belekan merupakan produk dari kuman atau bakteri yang berada di permukaan mata. Normalnya, karena mata berada di ruang terbuka, kuman selalu ada. Tapi saat kuman menjadi patogen, kuman akan berkembang biak dan mengeluarkan toksin dan bentuknya seperti lendir atau disebut pus/sekret dengan warna tergantung bakterinya,” imbuh Prof Nila.

Jika bakteri yang muncul adalah Streptococcus, maka pusnya akan berwarna kuning kecoklatan. Namun jika bakteri yang muncul adalah Pseudomonas auregenosa, maka pus akan berwarna kuning kehijauan. “Ini tidak normal, diagnosis infeksi selaput bola mata atau conjunctivitis catarrhalis,” pungkasnya.

Senada dengan Prof Nila, dr Irastri Anggraini, SpM dari RSUD Semarang menyebutkan bahwa belekan atau konjungtivitis adalah peradangan pada selaput mata.

“Normalnya kita tidak belekan. Tapi ada kondisi-kondisi tertentu di mana mata kita bisa terjadi belekan. Kotoran mata muncul terjadi karena ada proses peradangan sehingga memicu terjadinya keluar sekret tersebut. Konjungtivitis ini bisa disebabkan karena bakteri, virus, jamur dan alergi,” tutur dr Astri tersebut.

Nah, apabila tidak diterapi dengan baik maka konjungtivitis ini dapat berlanjut menjadi keratokonjungtivitis. Kondisi ini merupakan di mana terjadi peradangan selaput mata dan kornea. Biasanya gejala dari konjungtivitis adalah mata merah, keluar kotoran mata/belek, gatal, berair tetapi pandangan mata tidak kabur
“Konjungtivitis adalah penyakit mata yang menular. Jadi bila kita terkena penyakit ini maka sebaiknya kita mengisolasi diri kita,” pesannya. Lantas mengapa beberapa orang kerap belekan setelah tidur dan mata tertutup semalaman?

“Memang biasanya pada saat bangun tidur keluar sekret yang biasanya berkumpul di pojok mata kita. Dikarenakan pada saat mata kita terbuka selama kita aktivitas maka sampah-sampah yang ada di mata akan terkumpul dan akan dibuang keluar oleh selaput mata kita,” lanjut dr Astri.

Menurutnya, pada saat tidur tidak semua dari mata kita tertutupi kelopak mata dengan sempurna. Ada beberapa orang yang memang saat tidur matanya terbuka, sehingga terjadi dry eyes akibat paparan udara dan muncul kotoran matanya.

Perihal simpelbisnis
I am make this blog for business and money

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: