MENGAPA KOSMETIK PERLU REGISTRASI ?


Kosmetika terutama kosmetik perawatan, saat ini telah menjadi kebutuhan tidak hanya kaum wanita, namun juga kaum pria dan remaja. Beragam jenis kosmetik yang beredar di pasaran baik produk dalam negeri maupun produk dari negara lain yang kian membanjiri, sudah sepantasnya di tanggapi dengan lebih berhati-hati. Kehati-hatian ini terutama menyangkut masalah efektifitas maupun keamanan produk tersebut.

8-Tips-Sederhana-Agar-Tampil-Cantik

Perlu diketahui bahwa sebuah produk kosmetika sebelum di pasarkan akan melalui serangkaian proses yang cukup kompleks dan salah satunya adalah uji mutu pada setiap langkahnya. Mutu produk yang dibuat dengan baik harus ditunjang oleh kualitas bahan baku yang baik pula dan telah diuji keamanan baik in vivo atau in vitro melalui uji klinis yang mengikuti ketentuan good clinical practice. Setelah menjadi finish good pun, produk kosmetika tersebut harus dilakukan telah kelayakan jual melalui quality assurance. Tidak hanya berhenti disana, produk tersebut harus melalui tahapan berikutnya yaitu registrasi produk agar dapat dipasarkan secara luas dan dipakai oleh konsumen.

Mengapa produk kosmetika harus di registrasikan? Berikut ini ada beberapa alasan mengapa suatu produk kosmetika perlu di registrasikan sebelum di pasarkan
Berkaitan dengan Legalitas

Kita sebagai bangsa negara indonesia yang tentunya mempunyai undang-undang yang berlaku di republik ini, sudah seharusnya kita mematuhi apa yang sudah menjadi regulasi yang telah di tetapkan oleh pemerintah. Jangan hanya karena ingin profit yang besar lalu kita mengabaikan legalitas produk. Untuk mengetahui apakah suatu produk sudah terdaftar/di legalisasi adalah, pada bagian belakang produk akan tercantum siapa yang memproduksi kosmetik tersebut atau perusahaan yang memasarkannya. Atau dengan cara mengecek langsung ke departemen yang berwenang (BPOM).

Apabila produk sudah terdaftar maka sudah di pastikan produk tersebut aman untuk digunakan, dan seandainya Anda ingin menjadikan kosmetik untuk mendapatkan potensi penghasilan, maka Anda juga akan tenang dalam berbisnis. tidak kwatir akan ada penggerebegan dari pihak yang berwajib.
Berkaitan dengan Keamanan dan kualitas

Pada saat registrasi produk, suatu produk kosmetika akan dinilai apakah produk tersebut menggunakan bahan-bahan yang berbahaya bagi keamanan pengguna. Pertimbangan pemilihan bahan baku dan jumlah konsentrasi yang digunakan juga sangat di perhatikan, keamanan bahan baku akan berdampak bagi keamanan pemakaian produk kosmetik itu sendiri. Effek samping juga perlu di perhatikan agar konsumen tidak ragu dalam memakai produk tersebut.

Contoh produk kosmetik yang aman dan teregistrasi adalah kosmetik yang terdapat BPOM nya.

Perihal simpelbisnis
I am make this blog for business and money

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: