ANCAMAN “A Middle Income Trap” BAGI INDONESIA


Sebelum peluncuran buku terbitan Bank Pembangunan Asia (ADB) yang bertema :”Diagnosing the Indonesian Economy: Toward Inclusive and Green Growth,”, disebutkan bahwa Indonesia masih perlu untuk mengembangkan sektor manufaktur, jasa dan pertanian untuk meningkatkan lapangan pekerjaan dan mengurangi kemiskinan.

“Sekalipun ekonomi Indonesia telah menjadi salah satu yang menunjukkan performa terbaik di kawasan dalam beberapa tahun belakangan, Indonesia masih harus menghadapi sejumlah tantangan untuk mencapai sebuah ekonomi yang berpendapatan menengah-atas,” ujar Kepala Ekonom ADB, Changyong Rhee, di Jakarta, Senin.

Buku keluaran ADB ini fokus kepada penjelasan mengenai tantangan Indonesia dalam mentransformasi industrinya untuk memperbaiki kekurangan dalam infrastruktur, mengembangkan sumber daya manusianya, hingga memperkuat pemerintahan daerah. Indonesia tidak bisa bertahan dengan kondisi ekonomi yang sekarang ini sekalipun cukup baik dengan pertumbuhan ekonomi rata-rata sebesar 5,9 persen dalam lima tahun terakhir.

ADB pun melihat, kesalahan dalam melakukan perubahan bisa membuat Indonesia terjebak dalam jebakan kelas menengah (a middle income trap) yakni kondisi negara dengan ekonomi kelas menengah tidak lagi bisa bersaing dengan negara berpenghasilan rendah, yang buruk dalam hal sumber daya manusia, teknologi, dan infrastruktur sehingga sulit untuk mencapai status berpenghasilan tinggi.

Changyong mengemukakan, perlu tolok ukur untuk mengakselerasi perkembangan infrastruktur yang baru, penguatan kelembagaan, dan peningkatan investasi swasta, dan mengatasi ketidakseimbangan geografis dalam meningkatkan lapangan pekerjaan dan kesempatan pendidikan. “Buku ini merupakan kontribusi penting sebagai sumber pengetahuan bagi pembuat kebijakan, akademisi, pelajar yang mempelajari perkembangan dan ekonomi, dan masyarakat dalam memahami hambatan yang dihadapi negara menuju visi Indonesia yang maju dan sejahtera,” tambah Menteri PPN, Armida Alisjahbana, dalam kesempatan yang sama.

Perihal simpelbisnis
I am make this blog for business and money

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: