Kecelakaan Meningkat pada Arus Mudik Lebaran 2011


Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) mengeluhkan ditiadakanya fasilitas kereta api kombi yang mengangkut penumpang sekaligus sepeda motornya. Ditiadakannya kereta api ini ditakutkan akan meningkatkan kembali jumlah kecelakaan lalu lintas saat mudik.

Pakar transportasi dari MTI, Darmaningtyas, di Gedung Arva, Jakarta mengatakan, Jumlah pemudik bersepeda motor diperkirakan akan tinggi. Sayangnya, justru angkutan kereta seperti tahun lalu dihapus.

Menurut dia, waktu persiapan dan sosialisasi penyediaan kereta api khusus ini terlalu singkat. Padahal, keberadaan kereta khusus pada tahun 2009 dan 2010 tersebut berhasil menekan angka kecelakaan lalu lintas saat mudik. Berdasarkan data yang dihimpun oleh MTI, pada tahun 2009, jumlah korban kecelakaan tercatat 4.045 jiwa dari total jumlah pemudik 2,2 juta jiwa.

Rinciannya, sebanyak 702 orang meninggal, 1.646 luka berat, dan 1.697 orang luka ringan. Sementara itu, pada tahun 2010, jumlah korban kecelakaan menurun secara signifikan menjadi 1.658 jiwa dari jumlah pemudik 2,3 juta jiwa. Rinciannya, 328 korban tewas, 438 luka berat, dan 892 korban luka ringan.

Ketua Umum MTI Danang Parikesit menyatakan, semestinya persiapan angkutan Lebaran ini sebaiknya dilakukan enam bulan sebelumnya sehingga banyak pihak yang diuntungkan, baik calon pemudik maupun penyelenggara mudik.

Perihal simpelbisnis
I am make this blog for business and money

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: