Tiket Kereta Tambahan Lebaran 2011


PT Kereta Api Indonesia mulai menjual tiket tambahan untuk perjalanan mudik dengan kelas bisnis dan eksekutif hari ini. Sebanyak lima rangkaian kereta berkapasitas lebih dari seribu penumpang akan disiapkan setiap hari, setelah tiket untuk rangkaian reguler habis terjual sejak 30 hari sebelum Lebaran.

Juru bicara PT KAI Daerah Operasional I, Mateta Rizalulhaq, mengatakan kereta-kereta tambahan itu akan melayani tujuan Yogyakarta, Solo, Surabaya, dan Malang. Mereka melayani perjalanan pada 25-31 Agustus dan perjalanan balik 1-11 September.

Pemesanan atau pembelian tiket kereta tambahan itu bisa dilakukan di seluruh gerai pembelian tiket online kereta api mulai pukul 07.00 WIB. “Rencananya PT KAI akan menyiapkan enam kereta tambahan setiap hari. Namun sekarang baru lima yang bisa dipastikan.

Pembukaan kembali loket pemesanan tiket kelas bisnis dan eksekutif juga diungkapkan Wakil Kepala Stasiun Jatinegara Weddy Hartono kemarin. “Akan ada nomor antrean seperti kemarin (pemesanan tiket kelas komersial reguler).

Selain itu, Mateta dan Weddy menambahkan, PT KAI nanti akan menambah enam perjalanan kereta ekonomi per hari. Penjualan tiketnya akan dibuka secara bersamaan dengan tiket kereta ekonomi reguler mulai 17 Agustus nanti. Kereta-kereta ekonomi melayani perjalanan mulai 23 Agustus atau H-7.

Untuk tiket kelas ekonomi ini pembelian tidak bisa dilakukan di semua stasiun. Calon penumpang hanya bisa membeli langsung di loket-loket di enam stasiun, yakni Pasar Senen, Jakarta Kota, Tanjung Priok, Tanah Abang, Manggarai, dan Jatinegara.

Tapi cara pemesanan sama seperti yang berlaku pada pemesanan tiket kelas komersial, yakni calon penumpang dilarang membeli lebih dari empat lembar. Pembeli juga tidak diperbolehkan membeli tiket dengan nomor acak. “Tahun lalu tiket kereta ekonomi hanya bisa langsung, tahun ini ada pemesanan. Diharapkan calon penumpang bisa lebih siap (mudik).

Dengan tambahan tersebut, PT KAI menyediakan total hingga 43 perjalanan kelas bisnis dan eksekutif setiap hari. Adapun untuk kelas ekonomi total 18 perjalanan setiap hari.

Untuk mengoptimalkan angkutan Lebaran, PT KAI juga mulai menjual tiket berdiri untuk semua kereta. Namun jumlahnya tetap dibatasi sehingga maksimal setiap gerbong berisi 150 penumpang. “Jadi ada kuota tiket berdiri hingga 45 persen di tiap gerbong, tiap gerbong memiliki tiket duduk untuk 106 kursi.

Untuk pengawasannya nanti, di setiap kereta dan stasiun akan ada petugas yang mengawal naik-turun penumpang. “Minimal empat orang per stasiun. Di atas kereta juga akan ada satu-dua orang yang mengawal

Perihal simpelbisnis
I am make this blog for business and money

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: