Persaudaraan Indonesia Malaysia


Spanduk besar terpampang di Kedutaan Malaysia di Jakarta, setelah diusung oleh demonstran asal Indonesiayang pro hubungan baik. (Gambar dari koran “The Star” Malaysia) : Jayalah Persaudaraan Malaysia– Indonesia.

Meskipun SBY di kecam sebagai Presiden yang kurang tegas, penakut dan tidak nasionalis oleh segelintir orang di Jakarta, tidak demikian halnya dengan di Malaysia. SBY dianggap sebagai teman sejati dan merupakan berkah bagi rakyat Malaysia.

Demikian laporan koran The Star Malaysia. Bukan itu saja SBY adalah “permata” yang sangat langka, katanya.

SBY berhasil meredam kemarahan rakyat Indonesiasekaligus juga meredam pers Indonesiayang agak memanas-manasi gesekan hubungan kedua negara. Beberapa politisi juga ikut “playing the game” untuk ikut memanasi hubungan itu.

Beruntung rakyat Malaysiapunya teman sejati (maksudnya SBY).

Sejak SBY terpilih kembali sebagai PresidenRIuntuk yang kedua kalinya tahun lalu, rakyat Malaysiademikian yakin bahwa di tangan SBY, hubungan bilateral ekonomi dan politik akan membaik.

SBY betul2 teman sejati dan berkah bagi rakyat Malaysia, demikian komentar dari The Star.

Malaysiabetul2 percaya bahwa SBY demikian tulus dalam menjaga hubungan baik kedua-dua negara ini.

Beberapa keributan yang terjadi, seperti masalah batik, lagu rasa sayange, tari pendet, sipadan ligitan dan terakhir peristiwa penangkapan petugas kelautan, dapat diselesaikan dengan baik.

Tak segan2 SBY menelpon langsung PM Najib untuk mendiskusikan masalah2 tersebut.

Malaysiabetul2 beruntung punya ‘teman sejati’ seperti SBY, ia berani mengambil resiko untuk tidak populer di kalangan rakyatnya sendiri demi persahabatan yang telah dibinanya.

Seperti diketahui, Malaysiaadalah investor asing nomor 5 terbesar yang menanamkan modalnya di Indonesia. Kepercayaan Malaysiamenanamkan modalnya di Indonesiadibalas SBY dengan menjaga amanah itu sebaik2nya.

Terlalu mudah mengipasi sentiment rakyat Indonesiaterhadap Malaysia, tetapi berkat SBY semuanya dapat ditepis.

SBY memang betul2 berkah bagi rakyat Malaysiadan juga rakyat Indonesia.

Beberapa pekerja Indonesiayang bermasalah juga ikut diselesaikan oleh SBY dengan mendatangi PM Najib secara langsung, November tahun lalu.

“Because of him, things did not get worse. It is easy to fan the sentiment against us. He could have created problems for us, but he choose not to as he is not driven by emotion.”

Dalam pidatonya, Rabu malam lalu, SBY mengatakan demikian pentingnya menjaga hubungan yang kuat dan baik dengan Malaysia.

Namun, semakin kuat hubungan itu, maka masalah2 juga akan datang silih berganti, mungkin seperti layaknya hubungan suami istri, kadang ribut, kemudian mesra lagi, ribut lagi, tambah mesra lagi.

Secara umum, pidato SBY itu berhasil mendinginkan telinga rakyat malaysiayang sudah memanas.

Diharapkan untuk selanjutnya tekanan yang terjadi dalam beberapa minggu ini akan dapat diredam.

Sangat wajar, jika ada orang yang menganggap pidatonya itu sebagai tindakan penakut terhadap Malaysia.

Untuk rakyat Malaysiasendiri, SBY dianggap orang yang jujur dan tulus dalam menjaga hubungan baik. SBY ibarat batu permata yang langka bagi rakyat
Malaysia.

Namun demikian, wawasan SBY yang demikian luas, yang dapat melihat apa2 yang tidak terlihat oleh demonstran dan para pengeritiknya, jangan sampai dimanfaatkan oleh pihak2 yang tak bertanggung jawab.

Perihal simpelbisnis
I am make this blog for business and money

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: