Jaksa Agung Menjabat Jabatan Ilegal


Jaksa Agung  Hendarman Supandji tidak salah dalam kasus legalitas Jaksa Agung, tetapi yang patut disalahkan adalah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Seorang Pakar Hukum Tata Negara Universitas Khairun Ternate, Margarit Khamis, mengatakan, Hendarman Supandji dalam posisi sebagai pembantu Presiden tidak bisa dipersalahkan.

“Yang salah itu Presiden, kenapa mengangkat Jaksa Agung cuma tepuk-tepuk bahu. Di undang-undang jelas, Jaksa Agung diberhentikan dan diangkat oleh presiden,” ujar Margarito kepada INILAH.COM, Jumat (13/8).

Menurut Margarito, Hendarman Supandji ketika pembentukan Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II tidak memiliki pilihan lain selain menjalankan tugas dari Presiden SBY.

“Hendarman tidak bisa mengangkat dan memberhentikan dirinya sendiri, oleh karena itu dia tidak salah, yang salah adalah Presiden karena tidak memberhentikan dan mengangkat Hendarman,” ujar Margarito.

Sebagaimana diberitakan, mantan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Yusril Ihza Mahendara menuding Hendarman Supandji sebagai Jaksa Agung ilegal karena tidak pernah diberhentikan dan diangkat kembali sebagai Jaksa Agung pada saat pembentukan Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II. [mah]

Perihal simpelbisnis
I am make this blog for business and money

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: