Tekstil dan Kenaikan TDL


Kenaikan tarif dasar listrik (TDL) untuk industri sebesar 15 persen akan berdampak pada sejumlah industri di Indonesia, tidak terkecuali industri tekstil. Biaya produksi akan meningkat hingga 4,5 persen, namun harga produk tekstil sulit dinaikkan.

“Biaya produksi jelas akan naik,” kata Ketua Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) ketika dihubungi Tempo, Rabu (16/6). Menurut perhitungannya, dengan komponen listrik 30 persen dari keseluruhan biaya produksi, kenaikan tarif 15 persen akan mengakibatkan biaya produksi naik sebesar 4,5 persen.

Pihaknya pun bakal sulit menaikkan harga jual. “Siapa yang mau beli?” Menurut dia, daya beli masyarakat Indonesia untuk produk tekstil saat ini masih rendah. Tahun lalu rata-rata konsumsi produk tekstil di Indonesia sebesar 3,5 kg per orang. Angka ini menurun dibandingkan tahun sebelumnya.

Menurut Ade, kenaikan tarif listrik tidak akan berpengaruh signifikan terhadap ekspor dibanding kenaikan kurs dolar Amerika Serikat. Ade juga menampik kemungkinan terjadinya pemutusan hubungan kerja di industri tekstil yang padat karya. “Belum sekarang lah. Bisa setahun lagi, bisa 15 tahun lagi,” katanya. Ia menambahkan, PHK pasti akan terjadi, namun pemicunya bukan hanya kenaikan TDL.

Ade berharap pemerintah, dalam hal ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral memenuhi janjinya untuk menghilangkan sejumlah komponen dalam tarif listrik, seperti tarif multiguna dan daya max. Dengan demikian, kenaikan biaya produksi yang mencapai 4,5 persen dapat ditekan hingga separuhnya. Hal ini diperlukan karena harga produk tekstil tidak mungkin dinaikkan.

Dewan Perwakilan menyetujui kenaikan tarif setrum pada 1 Juli 2010 nanti untuk golongan pelanggan berdaya 1.300 volt ampere ke atas, mulai 6 persen hingga 20 persen atau rata-rata 10 persen. Kecuali, pelanggan yang masuk golongan rumah tangga dengan daya di atas 6.600 volt ampere dan bisnis serta pemerintah berdaya 6.600 volt ampere-200 kilovolt ampere.

by. Tempo Interaktif

Perihal simpelbisnis
I am make this blog for business and money

One Response to Tekstil dan Kenaikan TDL

  1. riki mengatakan:

    Salam kenal bro..

    Silahkan kunjungi blog saya…
    Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: